PENGOBATAN SARAF TERJEPIT

Cara Tes Mandiri untuk Syaraf Kejepit

Sumber: sehat.link

Apakah anda pernah merasa sakit dengan intensitas tinggi secara tiba di punggung atau pinggang anda ketika bangun tidur, membungkuk, atau setelah mengangkat beban yang berat? Jika anda pernah mengalaminya, maka anda perlu waspada barangkali anda mengalami kondisi yang dinamakan syaraf terjepit. Kondisi ini yaitu di saat syaraf di punggung terjepit di antara ruas tulang punggung. Untuk mengetahui kepastiannya, anda bisa melakukan tes sendiri di rumah secara mandiri. Berikut adalah caranya,
Uji Leher
Uji ini dapat dilakukan untuk mengetahui jika anda merasakan perasaan kurang nyaman di bagian belakang leher.
1. Angkat lengan kanan anda lurus ke samping dan cobalah untuk menoleh ke kanan sejauh yang Anda bisa. Lakukan beberapa kali, masing-masing selama 12 detik. Jika muncul tanda mati rasa, kesemutan atau nyeri, ini adalah indikator kuat dari saraf tulang belakang terjepit.Lakukan juga pada lengan kiri.
2. Putar leher ke kanan dengan sudut ekstrim semaksimal mungkin dan terus. Sebuah tes yang menyakitkan menunjukkan saraf terjepit mungkin. Ulangi pada sisi kiri.Tekuk leher ke depan dan tahan selama 12 detik. Kemudian angkat kepala, dan tekuk leher ke belakang, dan tahan selama 12 detik. Jika ada rasa sakit leher atau disebut nyeri merupakan indikasi kuat dari saraf tulang belakang terjepit
3. Tekuk leher ke kanan kemudian ke kiri. Tahan masing-masing untuk 12 detik. Sebuah tes menyakitkan adalah indikator kuat dari saraf terjepit.
Uji Punggung
Uji ini dapat dilakukan untuk mengetahui jika anda merasakan perasaan kurang nyaman di bagian punggung.
1. Sambil berdiri, lenturkan pinggang, membungkuk sampai ke bawah dan coba menyentuh jari-jari kaki Anda. Cobalah untuk tahan selama 10 detik. Sebuah tes yang menyakitkan pada punggung atau kaki merupakan indikator kuat terjepit saraf tulang belakang.
2. Sambil berdiri, cobalah untuk kayang dan tahan selama 10 detik. Sebuah tes yang menyakitkan di bagian belakang atau kaki mungkin bisa menunjukkan saraf terjepit
3. Sambil berdiri, tekuk tepat di pinggang ke sebelah kanan dan tahan selama 10 detik. Sebuah tes yang menyakitkan menunjukkan saraf tulang belakang terjepit. Ulangi tes dengan menekuk pinggang ke kiri.
4. Sambil berdiri, putar pinggang ke kanan. Tahan selama 10 detik. Sebuah tes yang menyakitkan menunjukkan saraf tulang belakang terjepit. Ulangi tes dengan memutar pinggang ke kiri.
5. Berbaring terlentang di tempat tidur atau di lantai. Angkat kedua kaki pada waktu yang sama sekitar 6 inci dari tanah. Tahan selama 7 detik. Sebuah tes yang menyakitkan menunjukkan saraf tulang belakang terjepit.
6. Ketika batuk, bersin, atau menuruni tangga, apakah Anda merasa sakit di leher, lengan, punggung atau kaki? Sebuah tes yang menyakitkan menunjukkan saraf tulang belakang terjepit.
Saraf yang terjepit dapat terjadi akibat dari kecelakaan, cedera olahraga, terjatuh atau akibat proses penuaan. Sebuah saraf terjepit bisa sangat menyakitkan. Rasa sakit terasa seperti tertusuk pisau di bagian yang sarafnya terjepit dan juga dapat menyebar ke daerah lain. Lalu bagaimana cara anda memulihkannya secara perlahan tanpa obat-obatan? Berikut adalah beberapa jawabannya.
 
Istirahat
Istirahat adalah terapi dasar yang paling penting dan sangat efektif. Jika Anda dapat beristirahat 24 sampai 48 jam setelah menderita saraf terjepit tanpa melakukan aktifitas berat, maka Anda akan melihat peningkatan yang signifikan setelah beberapa hari.Cobalah untuk berbaring di permukaan yang datar dan keras,karena sebuah kasur yang empuk dapat menambah rasa sakit.
Panas dan Dingin
Melakukan terapi ekstrim panas dan dingin dapat memberikan efek yang ajaib bagi saraf yang terjepit. Mulailah dengan meletakkan bantal pemanas di bagian pinggang selama 15 menit , kemudian berhenti selama 15 menit, lalu letakkan kompres es pada bagian yang cedera selama 15 menit. Lakukan terapi ini minimal selama 2 jam. Hal ini dapat mengendurkan otot-otot menegang yang sering lazim dengan saraf terjepit.
Menggunakan penyangga punggung yang lunak
Sebuah penyangga punggung yang lembut dapat mmembantu dalam 4 minggu pertama setelah saraf terjepit. Jika anda berada pada posisi duduk, maka usahakan untuk menggunakan sandaran atau penyangga di bagian belakang yang empuk.
Sebuah terapi sederhana yang akan membantu anda tidur malam dengan lebih nyaman dan bangun dengan segar pada keesokan harinya,tanpa sakit pinggang. Terapi khusus ini berguna untuk menyembuhkan syaraf yang terjepit di bagian pinggang dan punggung, berikut adalah langkah-langkahnya,
1. Tempatkan bantal pemanas di tempat anda akan berbaring.
2. Letakkan kantong plastik hitam lebar di atas bantal pemanas, kantong plastik ini berfungsi untuk melindungi bantal pemanas dari air.
3. Basahi handuk mandi seukuran punggung hingga pinggul dengan air panas dan peras supaya tidak menetes.
4. Letakkan handuk di atas bantal pemanas.
5. Hidupkan bantal pemanas dengan suhu pemanas rendah, lalu berbaringlah di atasnya, tempatkan bantal pada bagian punggung tengah hingga ke pinggul.
6. Lanjutkan proses ini setiap malam. Batasi kegiatan sehari-hari Anda sampai saraf terjepit Anda telah kembali rileks.
Saran:
Anda dapat mengikat bantal dengan ikat pinggang pada pinggang anda, hal ini untuk mengantisipasi jika anda berubah posisi saat tertidur (tidak terlentang).
Usahakan untuk tidak mengangkat beban yang berat selama masa pemulihan.
Tidak duduk untuk waktu yang lama, usahakan untuk seimbang antara duduk, berdiri, berjalan, dan berbaring.
Itulah tadi cara memulihkan syaraf yang terjepit di pinggang tanpa obat-obatan. Jika sakit pinggang yang anda derita tidak kunjung membaik setelah terapi, maka ada baiknya untuk segera menghubungi tenaga medis terdekat. Mengabaikan nyeri punggung dapat menyebabkan kerusakan jaringan syaraf yang permanen.
image_pdf

Tinggalkan Balasan